8 Tips GOKIL Promosi Blog Ala Gue!



Gue akan bagi-bagi tips cara gue promosi blog. Pastinya bukan tips-tips yg umum yang bisa gampang ditemuin! ini adalah cara-cara unik gue! tips ala gue, dan mungkin ada juga yang udah mempraktekannya, tapi pasti ada juga yang belom.

Untuk seorang Blogger, blog nya dikunjungi banyak orang pasti adalah sebuah kebanggaan tersendiri, apalagi kalo ada yang komen. Ini juga bisa meningkatkan motivasi untuk terus nge-blog. Gue sendiri akan kegirangan kalo melihat statistik blog bulan ini naik dari bulan kemaren, dan akan sedih kalo turun. Untuk itu, blog perlu dipromosikan agar orang-orang menyadari keberadaan blog kita, dan untuk mendapatkan pengunjung yang aktif, bukan pengunjung nyasar dari search engine yang datang dan pergi begitu saja. Yuk Maree~


1. Lewat Mading
Kalo elo masih sekolah atau kuliah dan di sekolah ato kampus lo ada mading, manfaatkanlah! hehehe.. misalnya lo bikin banner blog lu di bagian atas mading gede-gede. Bisa juga share tips atau apa aja yang ada di blog elo, trus jangan diterusin semua, berenti di bagian yang bikin penasaran, lalu tulis : "mau tau kelanjutannya? buka aja www.blablablablabla.blogspot.com. Bisa juga lu bikin iklan atau ads yang menarik dan bikin penasaran, yang biasa kita jumpai di web-web rame... ok kan?

2. Lewat Presentasi
Maksudnya bukan bikin presentasi dan ngejelasin blog lo bla bla bla.. tapi manfaatkan tugas presentasi (karena gue anak sekolah jadi kebanyakan dilihat dari sisi pelajar). Misalnya lo dikasih tugas presentasi tentang "Seni Rupa Teapan Nusantara 'Koteka'". Di akhir Slide lo kasih credits, kaya di pelem-pelem. Thanks to : logo sekolah, logo kabupaten, logo provinsi, merek baju... dan yg paling penting logo beserta url blog lo.

3. Lewat Share File
Nggak harus share software bikinan sendiri, tapi bisa aja share file yang lo download dari orang lain. Misalnya gue suka MCR, trus gue download Album MCR yg baru. Gue download kan formatnya .rar atau .zip nah rar nya gue kasih password www.sayabukanalien.blogspot.com terus gue tulis di wall temen sesama penggemar MCR, atau di Group penggemarnya. "Album MCR yg baru bisa di download di sini dengan password www.sayabukanalien.blogspot.com". Atau lo juga bisa ganti komen file lagu itu. Klik kanan >> Properties >> Summary >> pada kolom Comments tulis www.blablablablabla.
Kalo mau lebih bisnis, lo upload Albumnya ke ziddu, trus upload txt file berisi passwordnya terpisah. Waktu lu share, kasih tau passwordnya bisa di download disini. Jadi kan yang mau download harus download 2 hehehehe.. (PERHATIAN!! CARA INI SANGAT TIDAK DIANJURKAN KARENA TERMASUK MENDUKUNG PEMBAJAKAN)

4. Mencari Kesempatan Dalam Kesempitan
Ini memerlukan bakat khusus, (caelah) misalnya kita lagi ngomong sama temen, trus di tengah-tengah topik kita promosiin blog kita, tapi harus nyambung dan ngga jauh dari topik itu, makannya harus pinter nyambung-nyambungin.
Misalnya gue, temen gue ngomong gini "ahhh udah ah jangan ngomongin setan!" trus gue bilang : "Yaudah, daripada ngomongin setan, meningan baca blog gue, gantian jangan setan, alien"
trus dia bilang "Okedeh".

5. Group Chat
Lewat Group Chat, misalnya group chat lagi rame-rame tuh.. trus lo tulis : " Misi numpang lewat http://www.blablablablablabla" cara ini akan lebih efektif kalo dikombinasikan dengan cara 4. Tetapi gue saranin jangan sering-sering banget dilakuin, karena lama-lama temen lo akan kesel karena keseringan ngiklan.

6. Ganti Homepage Teman dan Warnet!
Kalo lagi minjem laptop atau komputer temen, lu buka browsernya trus setting homepage nya jadi halaman blog lo. Gunakan juga cara ini, kalo lo maen ke warnet, ganti homepagenya. Lebih efektif lo bawa temen-temen ke warnet, sewa banyak komputer dan ganti semua homepage browsernya. Dijamin Pasti Page Hit blog lu bertambah (dengan tidak sengaja). Tapi bukan cuma itu, gue pernah waktu itu temen bawa laptop karena ada tugas presentasi, trus gue ganti homepage nya jadi www.sayabukanalien.blogspot.com Pada saat presentasi dan menggunakan internet, browser dibuka dan tadaaaa.. seisi kelas gempar karena penampakan alien. Trus akhirnya rame jadi gini "Itu blog lu my??" "lu punya blog my??" "itu alamatnya apa?" tinggal kita menanggapi dengan ringan "oh iya donk, follow ya :D"

7. Update Blog di Twitter
Setiap posting yang baru, gue selalu tulis url nya. Tetapi masalah gue adalah, follower gue yang dikit, jadi gue menggunakan @UpdateBlog untuk meng-update blog. Cara kerjanya gini : Lo follow @UpdateBlog dan nanti akan di follow balik, lo kirim DM ke @UpdateBlog yg nanti akan diposting oleh UpdateBlog. Misalnya : gue kirim DM : Tips Promosi Blog http://www.blablablablbla. Nanti dia akan post : "#UpdateBlog Dari @ramy0809 Tips Promosi Blog http://www.blablablablbla. Menurut gue ini lebih efektif daripada tweet sendiri, mengingat follower updateblog sudah banyak dan pasti sebagian besar blogger.

8. Jalin Pertemanan dengan Blogger Lain
Kalo temen-temen lo ngga ada yang blogger, apa salahnya mencari teman yang jauh. Mencari teman blogger bisa dengan join komunitas-komunitas blogger di kota lo. Atau berawal dari blog walking. Blogger cenderung meninggalkan komentar setelah membaca postingan daripada kebanyakan orang yang hanya membaca lalu pergi. Dan jika blog kita bagus, ketika mereka mau blogwalking, maka blog kita gak akan lupa untuk mereka kunjungi.


0 komentar to "8 Tips GOKIL Promosi Blog Ala Gue!"

Posting Komentar