Green Lantern

The Green Lantern adalah alias utama bersama beberapa tokoh fiksi , superhero yang muncul dalam buku komik yang diterbitkan oleh DC Comics . Yang pertama Green Lantern ( Alan Scott ) diciptakan oleh penulis Bill Finger dan artis Martin Nodell di All-American Comics # 16 (Juli 1940). [1]
Setiap Green Lantern memiliki sebuah cincin kekuatan dan lentera tenaga yang memberi pengguna kontrol yang besar atas dunia fisik asalkan memiliki kemauan Bob yang cukup dan kekuatan untuk menggunakannya. Cincin adalah salah satu senjata yang paling kuat di alam semesta dan bisa sangat berbahaya. Sementara cincin dari Golden Age Green Lantern (Alan Scott) adalah ajaib bertenaga, cincin dipakai oleh semua Lentera berikutnya adalah ciptaan teknologi dari Penjaga alam semesta , yang diberikan cincin tersebut kepada calon yang layak. Hal ini beralih ke penjelasan teknologi mencerminkan kecenderungan industri buku komik untuk menjelaskan kekuatan luar biasa melalui ilmu pengetahuan dan penalaran, bukan sihir. [ rujukan? ] Orang-orang mengarang intergalaksi polisi yang dikenal sebagai Green Lantern Corps . [1]
Setelah Perang Dunia II , ketika penjualan superhero komik umumnya menurun, DC berhenti menerbitkan petualangan baru Alan Scott sebagai Green Lantern. Pada tahun 1959, pada awal Zaman Perak Buku Komik , DC Editor Julius Schwartz ditugaskan penulis John Broome dan artis Gil Kane untuk menghidupkan kembali karakter Green Lantern, kali ini sebagai uji coba Hal Jordan yang menjadi anggota pendiri Liga Keadilan Amerika . Pada tahun 1970, penulis Denny O'Neil dan artis Neal Adams bekerja sama dengan pemanah Green Lantern Green Arrow di inovatif, cerita sadar sosial, dan memenangkan penghargaan yang mengadu kepekaan hukum dan ketertiban berorientasi Green Lantern dengan populis Green Arrow . Beberapa seri kosmik bertema diikuti, seperti halnya individu yang berbeda sesekali dalam peran Green Lantern Bumi. Paling menonjol di antaranya adalah Hal Jordan , John Stewart , Guy Gardner , dan Kyle Rayner .
Setiap Lentera Hijau Bumi telah menjadi anggota baik Keadilan Masyarakat Amerika atau Liga Keadilan Amerika, dan John Stewart tampil sebagai salah satu karakter utama dalam kedua Justice League dan Liga Keadilan terbatas serial animasi . Para Lentera Hijau sering digambarkan sebagai teman dekat dari berbagai pria yang telah menjadi flash , persahabatan yang paling menonjol yang telah antara Alan Scott dan Jay Garrick (Golden Age Green Lantern dan Flash), Hal Jordan dan Barry Allen (Silver Usia Green Lantern dan Flash), dan Kyle Rayner dan Wally Barat (modern usia Green Lantern dan Flash), serta teman Yordania yang dengan Barat.

Isi

 [hide

[ sunting ] Sejarah Publikasi

[ sunting ] Zaman Keemasan


Green Lantern yang debut di All-American Comics # 16 (Juli 1940).
Seni oleh Sheldon Moldoff .
Green Lantern diciptakan oleh Martin Nodell (menggunakan nama Mart Dellon) dan Bill Finger . Dia pertama muncul dalam Golden Age of buku komik di All-American Comics # 16 (Juli 1940), diterbitkan oleh All-American Publikasi , salah satu dari tiga perusahaan yang akhirnya akan bergabung membentuk DC Comics .
Nama aslinya ini Green Lantern adalah Alan Scott , seorang insinyur kereta api yang, setelah kecelakaan kereta api, datang ke dalam kepemilikan dari sebuah lentera ajaib yang berbicara kepadanya dan mengatakan akan membawa kekuatan. Dari ini, ia menciptakan sebuah cincin ajaib yang memberinya berbagai macam kekuatan. Keterbatasan cincin adalah bahwa ia harus "dibebankan" setiap 24 jam dengan menyentuh ke lentera untuk sementara waktu, dan bahwa hal itu tidak bekerja pada benda yang terbuat dari kayu.
Nodell awalnya direncanakan untuk memberikan Green Lantern yang alter ego "Alan Ladd," ini menjadi twist linguistik pada Aladdin , yang memiliki lampu ajaib dan cincin ajaib sendiri. DC dianggap permainan kata yang mengganggu dan bodoh, dan nama karakter berubah sebelum publikasi untuk "Alan Scott." Pada bulan Mei 1942, film ini Gun untuk Hire tiba-tiba membuat harian aktor Alan Ladd seorang bintang film . Nodell akan selalu lelucon bahwa mereka telah kehilangan kesempatan besar. [2]
Lentera Hijau adalah karakter populer di tahun 1940-an, ditampilkan dalam kedua All-American Komik dan dalam judul sendiri dan co-membintangi iring-iringan Komik bersama dengan flash dan Wonder Woman . Dia adalah anggota piagam dari Masyarakat Kehakiman Amerika , yang petualangan berlari di Semua Komik Bintang . Setelah Perang Dunia II , popularitas superhero menurun. Lentera Hijau buku komik dibatalkan dengan masalah # 38 (Mei-Juni 1949). Semua Komik Bintang # 57 (1951) adalah penampilan terakhir Golden Age karakter.

[ sunting ] kebangunan rohani Perak Umur


Penutup untuk Showcase # 22 (Oktober 1959), penampilan pertama dari Hal Jordan .
Setelah kebangkitan keberhasilan flash di Showcase # 4 (Oktober 1956), seorang Green Lantern baru diperkenalkan di Showcase # 22 (September-Oktober 1959).
Ini adalah Green Lantern Hal Jordan , seorang pilot tes yang diberi cincin kekuasaan oleh sekarat asing , Abin Sur , dan yang menjadi anggota Green Lantern Corps , sebuah organisasi antar dari polisi diawasi oleh Penjaga alam semesta . Cincin Korps 'tidak berdaya melawan apa pun berwarna kuning, karena "dopan" berwarna kuning di generator listrik utama terletak di Oa, di mana Wali mempertahankan markas mereka, tanpa yang dopan generator utama tidak akan berfungsi seperti itu. Ciptaan Jordan dimotivasi oleh keinginan untuk membuatnya lebih dari sebuah fiksi ilmiah pahlawan, editor Julius Schwartz telah penggemar lama dari bahwa agen genre dan sastra yang melihat budaya pop selera balik dalam arah itu.

[ sunting ] Kemudian perkembangan

Dengan edisi # 76 (April 1970), seri membuat keberangkatan gaya radikal. Editor Schwartz, di salah satu upaya perusahaan awal untuk menyediakan lebih dari fantasi, bekerja dengan tim penulis-artis dari Denny O'Neil dan Neal Adams untuk memicu minat baru dalam komik dan alamat yang dianggap perlu untuk relevansi sosial. Mereka menambahkan karakter Green Arrow (dengan penutup meskipun bukan nama resmi diberi judul Green Lantern Co-Starring Green Arrow) dan memiliki sepasang perjalanan melalui Amerika menghadapi "dunia nyata" masalah, yang mereka bereaksi dengan cara yang berbeda - Green Lantern sebagai fundamental seorang penegak hukum Arrow, Hijau sebagai liberal ikonoklas . Selain itu selama menjalankan ini, terobosan " snowbirds Jangan Fly "cerita diterbitkan (isu-isu # 85 dan # 86) di mana sidekick remaja Hijau Arrow Speedy (yang dewasa kemudian pahlawan Panah Merah ) mengembangkan heroin kecanduan bahwa ia secara paksa dibuat untuk berhenti. Cerita-cerita itu kritis diakui, dengan publikasi seperti The New York Times , The Wall Street Journal , dan Newsweek mengutip sebagai contoh bagaimana buku komik yang "tumbuh". [3] Namun, O'Neil / Adams jalankan adalah tidak sukses secara komersial, dan setelah hanya 14 masalah, dua kiri judul, yang dibatalkan.
Judul akan tahu sejumlah kebangunan-kebangunan rohani dan pembatalan. Judulnya akan berubah ke Green Lantern Corps pada satu titik sebagai popularitas bangkit dan memudar. Selama suatu waktu ada dua judul yang teratur, masing-masing dengan Green Lantern, dan anggota ketiga dalam Liga Keadilan. Sebuah karakter baru, Kyle Rayner , diciptakan untuk menjadi fitur sementara Hal Jordan pertama kali menjadi penjahat Parallax , kemudian mati dan kembali sebagai momok .
Dalam bangun dari The New Frontier , Geoff Johns penulis kembali Hal Yordania sebagai Green Lantern di Green Lantern: Rebirth (2004-05). Johns mulai meletakkan dasar untuk " Malam Blackest "(dirilis 13 Juli 2010 [4] ), melihat itu sebagai bagian ketiga dari trilogi dimulai oleh Rebirth. Memperluas pada mitologi Green Lantern di bagian kedua, " Sinestro Corps War "(2007), Johns, dengan artis Ethan van Sciver , ditemukan pujian kritis luas dan sukses komersial dengan seri, yang dijanjikan pengenalan spektrum berwarna "lentera ". Saat ini, semua empat "saat ini" Lentera Hijau punya cerita diberitahu dalam seri secara bersamaan diterbitkan: Green Lantern (terutama Jordan), Green Lantern Corps (terutama Rayner dan Stewart), dan Green Lantern: Emerald Warriors (terutama Gardner).

[ sunting ] relaunch

DC Comics diluncurkan kembali Green Lantern dengan masalah # 1 pada bulan September 2011 sebagai bagian dari perusahaan lebar peluncuran kembali. Seri baru ini akan membintangi Sinestro sebagai Green Lantern Hal Jordan dan pencarian untuk mendapatkan cincin kembali. Ini akan ditulis oleh Geoff Johns dan seniman Doug Mahnke dan Kristen Alamy. [5] [6]
Sebagai bagian dari peluncuran kembali, semua empat "saat ini" Lentera Hijau punya cerita diberitahu dalam seri secara bersamaan diterbitkan: Green Lantern (Hal Jordan dan terutama Sinestro), [7] Green Lantern Corps (terutama Gardner dan Stewart), dan Green Lantern: The Wali Baru (terutama Rayner). Ada juga akan menjadi seri keempat berfokus pada Lanterns Merah.

[ sunting ] Penghargaan

Seri dan penciptanya telah menerima beberapa penghargaan selama bertahun-tahun, termasuk 1961 Penghargaan Alley untuk Best Petualangan Hero / Srikandi dengan Buku Pemilik [8] dan Akademi Seni Comic Book Penghargaan Shazam untuk Melanjutkan Fitur Terbaik pada tahun 1970, untuk Cerita Individu Terbaik ("Kejahatan Tidak Akan Luput Penglihatan saya", Green Lantern vol 2,. # 76, oleh Dennis O'Neil dan Neal Adams ), [9] dan pada tahun 1971 untuk individu Cerita Terbaik ("snowbirds Jangan Terbang", Green Lantern jilid 2,. # 85 oleh O'Neil dan Adams). [10]
Penulis O'Neil menerima Penghargaan untuk Penulis Terbaik Shazam (Divisi Drama) pada tahun 1970 untuk karyanya pada Green Lantern, Batman , Superman , dan judul lainnya, sementara artis Adams menerima Shazam untuk Artis Terbaik (Divisi Drama) pada tahun 1970 untuk karyanya pada Green Lantern dan Batman. [9] inker Dick Giordano menerima Penghargaan Shazam untuk inker Terbaik (Divisi Drama) untuk karyanya pada Green Lantern dan judul lainnya. [9]
Dalam Judd Winick tugas menulis pertama reguler pada Green Lantern, ia menulis sebuah cerita di mana seorang asisten Kyle Rayner yang muncul sebagai karakter gay di Green Lantern # 137 (Juni 2001). Dalam Green Lantern # 154 (November 2001) kisah berjudul "Kejahatan Kebencian" mendapat pengakuan media massa saat Terry brutal dipukuli dalam serangan homophobic. Winick diwawancarai di acara Phil Donahue di MSNBC untuk alur cerita bahwa pada 15 Agustus 2002 [11] dan menerima dua Penghargaan GLAAD Media untuk pekerjaan Green Lantern nya. [12] Pada Mei 2011, Green Lantern ditempatkan 7 pada Top IGN 100 Pahlawan Comic Book Waktu Semua. [13]


0 komentar to "Green Lantern"

Posting Komentar